You are a great person if you ready to fall when you try to jump

Author’s Diary

pink_polka_dot_1

 

Halo. Nggak tau angin mana yang bikin saya menulis ini.

Ini cuman tulisan curahan hati seorang author yang tetep kagak bisa ngalahin booming nya sinetron Catatan Hati Seorang Istri. (Maap tadi dibayar Kyuhyun pake cinta makanya berani nyebutin judul disini).

Sebagai author yang suka ngaret, pelupa, dan nyaris pikun ini saya ngerasain juga sih apa itu yang dinamain ‘deadline’. Berasal dari kata ‘dead’ yang brarti mati dan ‘line’ yang brarti garis. Dan terjemahan paling gila seorang author ‘stress’ adalah garis di mana kamu akan merasakan penyiksaan batin seperti kematian. Fix, itu lebay. Tapi coba deh tanya ke author-author lain yang sering bikin cerita bersambung. Pasti rasanya kayak gitu -___-v

Apanya yang nyiksa?

Toh, nulis kan hobi. Semuanya ngalir gitu aja. Dan nulis adalah kesenangan bagi si author.

Bener sih, tapi nggak semuanya bener.

Sejenius apapun si author itu menuangkan ide nya ke dalam tulisan, tetep aja ada masa yang dinamakan ‘writer block’ di mana semua ide di kepalanya mulai menemukan jalan buntu (ceileeh).

Nah, di masa writer block inilah yang paling ‘menyiksa’ author. Dalam waktu yang—mungkin—singkat (tergantung sisa waktu/tenggat waktu) author mesti nyari ide yang sempet hanyut (?) sambil mikirin bagian yang bisa bikin reaksi readers yang positif. Dan percayalah, ini susah loh.

Apalagi kalo ada typo, itu maluuuuuuu banget, meskipun udah sering terjadi sih. Hoho :v (?)

Yah, sebagai reader saya juga ngerasain sih rasa nggak sabar buat nungguin part selanjutnya dipost. Tapi ya itu balik lagi ke perjuangan si author. Jadi nggak heran ya banyak author yang sampe nyantumin rules buat jangan plagiat dan jangan jadi silent readers. Hehe. Karena perjuangan dari nyari ide, bikin alur, sampe nuangin ide itu ke dalam kata-kata puitis dan menyentuh hati (halah) adalah perjuangan yang panjang. Yang terkadang nggak dipikirin readers yang langsung bisa menikmati sajian cerita.

Tapi ya itulah serunya jadi author. Meskipun cuman penulis fanfiction kayak begini, tapi kita tetaplah penulis. Ngomong tentang kualitas, namanya juga masih belajar. Penulis yang udah profesional juga masih belajar toh? 😀 Jadi hidup penulis ! (ngelapkeringet)

 

XOXO

Zirrialifa Arafa a.k.a Ifa Raneza,

The Galauers Author.

3 responses

  1. liyahseull

    yang sabar 🙂

    June 24, 2014 at 8:26 am

  2. Sesujuuuu……
    Banyak orang yg tau arti kata plagiat, tp sedikit orang yg ngerti makna plagiat…
    Tiap org kan kesibukannya beda2.. kali authornya ada yg udh kerja, ada yg udh nikah, ada yg msh kuliah dan ada yg msh sekolah…
    Sya sendiri sk gag hbis pikir aja sm org2 yg ‘katanya’ gag sabar bwt nggu post berikutnya tp disampaikan dg emosi….
    Iih, itu pasti pas Tuhan bagi2 kesabaran dia gag datang ttuh… hehehe
    Sebenernya nyari ide ttuh gampang, yg susyah ttuh mood-nya… #TeoriDariManaIni hihihi
    Sya pribadi sih gag terlalu mempermasalahkan silent reader, sp tw doi gag ngerti dg bahasa tulisan qt… ini kan dunia maya.. yya klo mw plagiat sih monggo2 aja.. tp klo sya sndiri smp tahu paling cm diklitikin… pk silet… #DontTryThis
    Semangat2 u/ para author yg the best writer!!! Salam sepuluh jari!

    June 24, 2014 at 9:58 am

  3. wah, ifa lg galau 😉
    yg sabar ya, 🙂

    June 24, 2014 at 10:42 am

Leave a comment